Langsung ke konten utama

Perbedaan Web Server dengan Web Service

1. Web Server

Maksudnya adalah sebuah web server merupakan suatu sistem komputer yang memproses request melalui HTTP, dasar protokol jaringan yang digunakan untuk mendistribusikan informasi di WWW.


Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Web atau Situs

FUNGSI UTAMA :
Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.
Beberapa contoh web server yang paling banyak digunakan diantaranya adalah:
  • Apache
  • Apache Tomcat
  • Nginx
  • Lighttpd
  • Litespeed
  • Microsoft Internet Information Services (IIS)
2. Web Service
Sedangkan Web service menurut W3.org mendefinisikan web service sebagai “sebuah software aplikasi yang dapat teridentifikasi oleh URI dan memiliki interface yang didefiniskan, dideskripsikan, dan dimengerti oleh XML dan juga mendukung interaksi langsung dengan software aplikasi yang lain dengan menggunakan message berbasis XML melalui protokol internet”.
Apa itu Web Service? Pengertian Web Service & Fungsinya (Lengkap)
KAPAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE :
Web Services itu digunakan saat kita akan mentransformasi sebuat bisnis logik / sebuah class dan object yang terpisah dalam 1 ruang lingkup yang menjadi satu, sehingga tingkat keamanan dan security dapat di tangani dengan baik. Selain itu Web Service juga lebih mudah dalam process deploymentnya, karena tidak memerlukan registrasi khusus ke dalam sistem operasi. Web Service cukup diupload ke Web Server dan siap diakses oleh pihak-pihak yang telah diberikan otorisasi. Web Service berjalan di port 80 yang merupakan protokol standar HTTP, dengan demikian mengurangi resiko terblokir oleh firewall. Kendala arsitektur COM/DCOM adalah memerlukan konfigurasi khusus di sisi firewall, dan  ini tidak perlu dilakukan untuk mengakses Web Service.

Technical Writer - Half Remote - Dublin / London - Archer ...

Tools untuk beberapa Bahasa Pemograman :  

Anaconda(Python


Anaconda merupakan sebuah distribusi bahasa pemrograman Python dan R untuk keperluan komputasi ilmiah (scientific computing) seperti data science, machine learning, data processing skala-luas, analisis prediksi, dan lain sebaginya.
Anaconda diciptakan agar mempermudah pengguna memanajeman paket python. Dengan menggunakan Anaconda, maka versi dari paket yang ada, di manajemen oleh package management system conda. 

logo anaconda



XAMPP(php)

 XAMPP berfungsi sebagai server lokal untuk mengampu berbagai jenis data website yang sedang dalam proses pengembangan. Dalam prakteknya, XAMPP bisa digunakan untuk menguji kinerja fitur ataupun menampilkan konten yang ada didalam website kepada orang lain tanpa harus terkoneksi dengan internet, atau istilahnya website offline. XAMPP bekerja secara offline layaknya web hosting biasa namun tidak bisa diakses oleh banyak orang. Maka dari itu.
Pengertian XAMPP Beserta Fungsi dan Bagian-bagiannya (Lengkap)

Code Editor

Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah code editor opensource yang dikembangkan oleh Microsoft, mirip dengan code editor sebelumnya VSCode ini tidak pandang bulu hampir seluruh bahasa pemrogram dapat support di code editor ini. VSCode bukan hanya dapat berjalan di sistem operasi Windows, tetapi juga di OSX dan Linux. kemampuan code editor ini adalah sangat powerfull pada kelengkapan toolnya dalam fungsi dan kegunaannya yang optimal.

visual studio code

 IDE Terbaik Buat Programmer

1. VISUAL STUDIO

visual studio dibuat oleh perusahaan microsoft. IDE ini digunakan untuk pengembangan teknologi microsoft, termasuk web, desktop dan mobile. Jika kalian pernah belajar visual basic. maka IDE ini akan menjadi alat yang ampuh untuk pengembangan sistem informasi perkantoran, perbankan, kasir dan lain lain. menggunakan dukungan penuh oleh database microsoft sql server.

Create simple visual basic desktop application by Thaksharad

2. NETBEANS IDE

Meskipun ditujukan untuk pengembangan di platform java, IDE ini bahkan dapat di ajak untuk pengembangan dengan c++ dan php. Netbeans IDE di desain untuk pengembangan penuh di platform java. Seorang programer pemula di java akan merasakan kemudahan belajar bahasa java dengan IDE ini. 



3. INTELIJ IDEA

Banyak dukungan untuk pengembangan berbagai macam program. dibuat oleh jetbrain. intelij idea menjadi sorotan public, bahwa ada IDE kuat dengan fitur yang melimpah di pasar IDE dunia. Di fokuskan untuk pengembangan java, intelijIDEA memang memberikan pengalaman yang luar biasa dengan segudang fitur yang di berikan. Ada dua versi disini yaitu ultimate dan comunity. Untuk versi gratisnya anda bisa menggunakan versi comunity.


4. ANDROID STUDIO

Digunakan untuk pembuatan aplikasi android. android studio memberikan kemudahan bagi para developer mobile untuk mengekspresikan karya mereka menjadi aplikasi yang berkualitas.  Kelemahan android studio memang berat. Tapi kelemahan ini akan banyak ditutupi dengan kelebihannya yang banyak. Terbukti bahwa dengan IDE ini anda bisa langsung menjalankan aplikasi di emulator bawaannya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Individu Membuat artikel di blog pribadi mengenai : 1. Passion kamu belajar programming (Front end,BackEnd , Mobile Developer , Dev Ops) 2. Penjelasan mengenai materi apa saja yang dapat dipelajari dari passion pilihanmu 3. Tuliskan Keresahan /Kegalauan apa yang ingin kamu pecahkan dalam kehidupan sehari-hari dan akan dibuatkan solusi dalam bentuk aplikasi. Menurut saya karena saya suka dengan design , tampilan , dan UI oleh karena itu saya memilih Front end , walaupun juga tidak menutup kemungkinan saya belajar passion yang lain. Mengenai materi apa saja yang akan dipelajari contohnya dalam front end Paling dasar yaitu Bahasa Program HTLM/CSS  HyperText Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman website. HTML menjadi bahasa paling dasar untuk mengembangakan website. Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa pemrograman yang mendukung HTML untuk bekerja. Jika HTML berfungsi sebagai pondasi atau bangunan dari website, CSS berfu