Langsung ke konten utama
Tugas Individu

Membuat artikel di blog pribadi mengenai :
1. Passion kamu belajar programming (Front end,BackEnd , Mobile Developer , Dev Ops)
2. Penjelasan mengenai materi apa saja yang dapat dipelajari dari passion pilihanmu
3. Tuliskan Keresahan /Kegalauan apa yang ingin kamu pecahkan dalam kehidupan sehari-hari dan akan dibuatkan solusi dalam bentuk aplikasi.


Menurut saya karena saya suka dengan design , tampilan , dan UI oleh karena itu saya memilih Front end ,walaupun juga tidak menutup kemungkinan saya belajar passion yang lain.

Mengenai materi apa saja yang akan dipelajari contohnya dalam front end
Paling dasar yaitu Bahasa Program HTLM/CSS 

HyperText Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman website. HTML menjadi bahasa paling dasar untuk mengembangakan website.

Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa pemrograman yang mendukung HTML untuk bekerja. Jika HTML berfungsi sebagai pondasi atau bangunan dari website, CSS berfungsi untuk mengatur layout, warna, font, dan style lain.

Yang kedua yaitu JavaScript
JavaScript adalah salah satu tools dasar untuk front end developer. Dengan JavaScrip, Anda dapat menentukan fungsi-fungsi yang ada di dalam website, seperti menambahkan audio, video, game, dan animasi.

Ketiga yaitu Framework javascript dan css
Framework CSS dan JavaScript adalah koleksi dari file CSS atau JavaScript yang bertugas untuk menggabungkan berbagai fungsi menjadi lebih sederhana (common functionality).

Ada banyak framework JavaScript yang mempunyai fungsi masing-masing, seperti jQuery, Angular, dan Vue. Sedangkan framework CSS  seperti Bootstrap, Bulma, dan Foundation.

Keempat yaitu Version Control System (Git)
Git adalah aplikasi pengontrol versi atau biasa disebut dengan VCS (Version Control System) saat ini sangat banyak digunakan oleh para developer untuk membuat aplikasi dan sistem.

Kelima yaitu Responsive & Mobile Design
Meskipun dulu responsive design bukanlah hal yang terlalu diperhatikan. Saat ini responsive design menjadi faktor penting dalam proses pengembangan website.
Memahami prinsip-prinsip responsive design dan bagaimana mengimplementasikannya saat coding merupakan salah satu kunci menjadi front-end developer.


Keresahan / Kegalauan saya pada saat ini yaitu saya melihat banyaknya pekerja yang di PHK akibat pandemi covid 19 ini membuat saya prihatin . Oleh karena itu saya ingin mencari solusi untuk memberikan para pekerja ini pekerjaan yang layak . ide saya disini adalah membuat web dimana perusahaan - perusahaan bisa mempromosikan atau membuka lowongan pekerjaan pada web yang disediakan.

Jadi kesimpulan dari  web yang saya buat adalah kumpulan berbagai lowongan kerja dengan kategori yang berbeda-beda yang bertujuan untuk mempermudah orang-orang dalam mencari pekerjaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Web Server dengan Web Service 1. Web Server Maksudnya adalah sebuah web server merupakan suatu sistem komputer yang memproses request melalui HTTP, dasar protokol jaringan yang digunakan untuk mendistribusikan informasi di WWW. FUNGSI UTAMA : Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya. Beberapa contoh web server yang paling banyak digunakan diantaranya adalah: Apache Apache Tomcat Nginx Lighttpd Litespeed Microsoft Internet Information Services (IIS) 2. Web Service Sedangkan Web service menurut W3.org mendefinisikan web service sebagai “sebuah software aplikasi yang dapat teridentifikasi oleh